Explore the world of Accounting

Terkesan bahwa yang memerlukan informasi akuntansi hanyalah bagian keuangan dan manajemen. Padahal akuntansi itu perlu diketahui oleh banyak pihak dengan tujuan yang berbeda-beda tergantung posisi dan perannya.


Pihak-pihak yang berkepentingan dengan informasi akuntasi

Akuntasi terutama penting bagi para pemilik serta manajemen. Disamping itu juga pihak-pihak lain, seperti misalnya kreditur, calon investor,pemerintah maupun public. Masing-masing memerlukan informasi Yang berbeda.

Pemilik 

Jenis informasi yang diperlukan:
  • Neraca serta perhitungan Rugi/laba
Kegunaan:
  • Pemilik perusahaan berkepentingan terhadap laporan akuntasi suatu perusahaan sehubungan dengan modal yang diperoleh dari laporan-laporan akuntansi, umumnya bermanfaat bagi pemilik perusahaan selama periode tertentu, serta prospek hasil usaha perusahaan sebagai dasar pertimbangan dalam penentuan kebijaksnaan investasinya untuk masa yang akan datang.  

Manajemen (pengelola perusahaan) 

Jenis informasi yang diperlukan:
  • Catatan-catatan finansial, baik untuk waktu sekarang maupun waktu yang lalu, hasil operasi perusahaan serta perencanaan yang menyangkut waktu yang akan datang. 
Kegunaan:
  • Digunakan sebagai dasar penyusun perencanaan dan pengendalian (terutama yang berkaitan dengan keuangan perusahaan). 
  • Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laporan akuntasi, manajemen dapat melakukan evaluasi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang telah ditetapkan selama ini. 
  • Berdasarkan evaluasi tersebut, manajemen dapat menilai dan mengambil keputusan tentang perlu tidaknya perbaikan atau perubahan untuk masa yang akan datang agar tujuan perusahaan tercapai. 
  • Laporan akuntasi bermanfaat pula bagi manajemen untuk mengevaluasi prestasi kerja dari masing-masing bagian perusahaan dan para manajer yang bertanggung jawab terhadap bagian-bagian perusahaan.

Kreditur

Jenis informasi yang diperlukan:

  • Data tentang likuiditas, rentabilitas, serta kemampuan perusahaan di dalam hal memenuhi kewajiban yang ada, maupun menanggung kredit yang akan ditarik.
Kegunaan:
  • Kondisi perusahaan pada waktu yang lalu dan pada waktu sekarang, Trend keuntungan ataupun kerugian perusahaan/hasil operasi perusahaan. 

Calon investor

Jenis informasi yang diperlukan:
  • Kondisi perusahaan pada waktu yang lalu dan pada waktu sekarang, Trend keuntungan ataupun kerugian perusahaan/hasil operasi perusahaan. 

Pemerintah

Jenis informasi yang diperlukan:
  • Besarnya kewajiban pajak,: data-data akuntasi yang bersangkuatan dengan peraturan pemerintah yang menyangkut perusahaan.  
Kegunaan:
  • Pemerintah, dalam hal ini misalnya Direktorat Jendral Pajak, membutuhkan laporan akuntansi suatu perusahaan sebagai dasar untuk menilai apakah perusahaan yang bersangkutan telah menghitung dan menyetorkan kewajiban pajaknya sesuai dengan undang-undang yang berlaku. 
Karena kebutuhan manajemen akan informasi sangat banyak dan bervariasi, tidaklah mungkin dipenuhi dari satu jenis informasi saja. Maka diperlukan berbagai jenis sistem informasi yang harus saling berkaitan, saling mendukung dan saling bekerja sama yang akan membentuk suatu sistem yang lebih besar yang disebut Sistem Informasi Manajemen (Management Information System)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib